Selasa, 30 April 2013

Cara Membuat Air Mancur Sederhana pada 3DMax


Seperti yang kita ketahui 3dsmax adalah aplikasi desain grafis yang dibuat khusus untuk desain animasi. sekarang ini akan saya bahas tentang cara pembuatan air mancur sederhana dengan menggunakan 3dsmax.

Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah dengan membuat objek cylinder besar,sedang dan kecil. Caranya adalah:

a. Klik tab create, kemudian pilih  standard primitives dan pilih tombol cylinder.
b. Letakkan pada viewport perspective, lalu tentukan parameter dengan radius:40 height:10 dan  
sides:40. jika ingin membuat dengan bentuk yang lebih besar, bisa kita setting sendiri pada saat peletakan objek dengan mengatur tinggi dan lebar secara manual menggunakan mouse.





Lakukan hal yang sama untuk cylinder sedang dan kecil dengan craa yang sama.kemudian susun sehingga menjadi seperti gambar di bawah ini.



Setelah selesai hal selanjutnya yang harus kita lakukan adalah membuat objek spray. dengan langkah:
a. Klik tab create, pilih particle dan klik tombol spray.
b. Letakkan objek spray pada parameter viewport count: 100, render count: 100, size:10 dan variation:5, atur posisinya menggunakan move dan rotate.

Langkah selanjutnya buatlah objek gravity dengan cara:
a. Klik tab create, klik space warp, pilih force dan pilih tombol gravity.
b. Letakkan di bawah objek particle spray pada viewport perspective, lalu tentukan parameter dengan strength:1, dan decay:0.





Langkah selanjutnya adalah hubungkan objek particle spray dengan objek gravity. Caranya adalah:
a. Klik ikon bid to space warp pada toolbar.
b. Drag dari objek particle spray ke objek gravity.
Apabila sudah di lakukan maka akan tampak perubahan pancaran objek particle spray.


Untuk menjalankan animasi, silahkan tekan tombol play

 Apabila sudah berjalan maka air mancur sederhana pada 3dsmax sudah selesai.

0 komentar:

Poskan Komentar